How to fix hard film on your powder makeup!

Sunday, March 06, 2016 Dinda Nayaredhanty 10 Comments

Hi everyone! It's been the longest time since I posted a proper blogpost. I'm into YouTube recently so I've been posting videos there instead. If you haven't know anything about my channel, I post a video, beauty, fashion, and lifestyle related, every week, I try my best to post it every Sunday. So if you haven't subscribe to my channel please do so and join my circle of friends and get a notification every time I post a new video! Here is my LINK.

Hai semuanya! Udah lamaa banget aku nggak bikin posting blog dimana aku bener-bener nulis. Belakangan ini aku lagi lebih sering bikin video di YouTube. Kalau kalian belum tau apa-apa tentang channel aku, aku bikin video setiap minggu, biasanya tentang beauty, fashion, dan lifestyle. Kalau kalian belum subscribe ke channel aku, yuk subscribe ke channel aku biar dapet notifikasi setiap aku upload video baru! Ini LINK untuk ke channel aku.




So today's blogpost is something that I recently found out. All because of my beloved shading powder from Etude House. I use this almost every single day because it suits my skin color and it gives your face a definition. You can use it for the most natural contour to the most sharp-instagram worthy contour.

Hari ini aku mau posting sesuatu yang aku sendiri baru tau. Awalnya gara-gara shading powder kesayanganku yang dari Etude House. Aku pake produk ini nyaris setiap hari, karena cocooook banget di kulit aku! Kalau pake ini, mukaku jadi lebih idup, dan warnanya tuh bisa kalian atur mau dari yang natural banget sampe yang contournya super tajem (yang kaya di posting instagram gitu...)

However, I noticed that recently it has been very hard for me to get products from it. At first, I thought it is because I almost used up the product. But then, I noticed that there is this weird film-looking stuff on top of the powder itself.  When I try to swatch that part with my finger, it is just hard for me to get any product, whereas I use this product all the time and I know that this never happened before.

Tapi akhir-akhir ini aku kok ngerasa kaya susah banget buat pake produk ini. Kaya warnanya jadi kurang keluar gitu. Awalnya aku kira mungkin produk ini udah basi, tapi ternyata pas aku liat-liat lagi, kok ada kaya lapisan tipis gitu ya diatas produknya. Pas aku coba swatch pake jari, ternyata aku jadi susah banget buat dapetin produknya, padahal aku tau banget biasanya nggak kaya gini.



Hard film on the surface!!


So I do my research (by all mean that equals to googling), and I found out that there are lots of people out there that experienced the same thing with me. Turned out the film itself was caused because of the oil and the cream products (e.g. moisturizer, foundation, concealer, etc.) that we used on our face were being transferred to the powder products via our makeup brushes. As the result, the oil starts to build up and create a thin layer of film that hardens the product.

Abis itu biasa, aku googling buat nyari tau kenapa produknya bisa kaya gini. Ternyata, banyak banget orang-orang yang ngalamin hal yang sama. Pas aku baca, hal ini terjadi karena minyak dari muka kita dan produk krim yang kita pake (pelembab, foundation, concealer, dll.) ke-transfer ke produk kita dari brush yang kita pake. Nahhh hasilnya minyaknya makin numpuk dan ngebentuk si hard film di permukaan powder produk ini.

Some people actually think that their products just gone bad and decided to throw away theirs. However, there are some certain tricks that could help you to save the product that you love! Especially when you know that you can make the most out of your product, it would be a waste to throw them away if you could save them!

Banyak yang mikir kayanya produk mereka udah basi juga, alhasil mereka jadinya ngebuang produk mereka. Padahal sayang banget loh, apalagi kalau tau gimana caranya buat menyelamatkan produk tersebut. 

So here is what I do to mine, all you need is the normal scotch tape as well as tweezers.

Nah, ini caraku buat menghilangkan hard filmnya. Dan hal yang kamu butuhkan cuma scotch tape (kayanya pakai selotip biasa juga bisa, cuma aku nggak pernah coba) dan pinset.




This is how I do it:



1. Take a bit of scotch tape. Then carefully and gently tape it to the film part of the product.

1. Ambil sedikit scotch tapenya. Kira-kira seukuran permukaan produk yang ada hard filmnya. Setelah itu pelan-pelan kalian tempel bagian lengketnya ke produk di bagian yang ada filmnya.





2. With the other end part of the tweezers, gently rub the scotch tape. DO NOT PRESS IT IN or you will damage the product.

2. Pakai bagian ujung pinset (bukan yang ada jepitannya. Oh ya, kayanya kalian juga bisa pakai kuku kok! Cuma menurutku kalau pakai pinset lebih efektif aja), pelan-pelan gosok scotch tapenya. JANGAN DI TEKAN! Kalau kalian tekan, nanti kalian malah ngerusak produknya.



3. Remove the tape and voila!
3. Lepas scotch tapenya dan voila!







Isn't it super easy? All you need to do is to repeat the process until you're finish and you'll save your product and you can continue to use the product!

Gampang banget kan? Sekarang tinggal ulangi prosesnya sampai kalian ngehilangin semua filmnya dan kalian bisa tetap pakai produk kalian deh!


I hope this is helpful for you guys!
Semoga postku hari ini membantu ya!

Xx,
Dinda

10 comments:

  1. Aku kira akunya yang ngegosok terlalu keras, ternyata alasan lain. Selama ini aku kurek sih hard filmnya. ._. Thx infonya, btw ^^

    iamvinaeska.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya dikurek juga bisaa, tapi entar ngebekas di produknya jadi ga smooth! Sama sama, semoga membantu yaaa Xx

      Delete
  2. Thanks for sharing this! Aku ngalamin hal yg sama untuk NYX blush on favoritku.

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing this! Aku ngalamin hal yg sama untuk NYX blush on favoritku.

    ReplyDelete
  4. Ahh ternyata gara-gara itu ya jadi susah ngambil produknya.. Nice post dear! ^^

    www.gadzotica.com

    ReplyDelete
  5. Aaaah itu toh maksudnya hard film? Btu ngerti. Tenkiuu banget infonya. Printilan make up ku kayanya belom ada gituannya, next kalo udh ada caranya bakal aku terapin ^^

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama samaaa! Seneng kok bisa bagi2 info gini! :)

      Delete
  6. Aaaah itu toh maksudnya hard film? Btu ngerti. Tenkiuu banget infonya. Printilan make up ku kayanya belom ada gituannya, next kalo udh ada caranya bakal aku terapin ^^

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete